PENGERTIAN MASTITIS ? RADANG PADA PAYUDARA

Mastitis adalah radang pada payudara. Penyebabnya adalah payudara bengkak yang tidak disuse secara adekuat yang akhirnya terjadi mastitis.
Putting lecet memudahkan masuknya kuman dan terjadinya payudara bengkak. Bra/BH yang terlalu ketat mengakibatkan engorgement segmental. Bila tidak disuse dengan adekuat, dapat terjadi mastitis. Ibu yang dietnya buruk, kurang sehat, atau anemia akan mudah terkena infeksi. 


Gejala mastitis meliputi bengkak, nyeri seluruh payudara/ nyeri local, kemerahan pada seluruh payudara atau hanya local, payudara keras dan berbenjol-benjol, panas badan dan rasa sakit umum. 

Penatalaksanaan
  1. Menyususi tetap dianjurkan. Pertama, bayi dimasukan pada payudara yang sakit selama dan sesering mungkin agar payudara kosong, kemudian lakukan hal yang sama pada payudara yang normal.
  2. Beri kompres panas dengan menggunakan shower hangat atau lap basah pada payudara ang terkena.
  3. Ubah posisi menyusui pada setiap kali menyusui, yaitu dengan posisi tidur, duduk, atau posisi memegang bola (football position).
materi asi eksklusif, makalah asi eksklusif, manfaat asi eksklusif bagi ibu dan bayi, bayi tidak asi eksklusif, tujuan asi eksklusif, cara pemberian asi eksklusif

--- Cerdas ASI ---